LAPORAN PRAKTIKUM MODUL 1
BAHASA PEMROGRAMAN 1
Pengenalan Java
Dosen:
Dede Irawan, M.Kom.
Disusun Oleh:
AGUNG TRIANGGORO
20180910015
Sistem Informasi-A 2018
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
TAHUN 2018
A. PRE TEST
1.Apa yang anda ketahui tentang java dan Netbeans
2.Apa keunggulan dan kelemahan java
3.Tuliskan struktur dari program aplikasi java dan buatkan
contohnya
1.- Java
adalah sebuah bahasa pemrograman dasar dalam sebuah pembuatan aplikasi. Java
juga merupakan bahasa pemrograman yang dapat di jalankan di berbagai komputer
ataupun berbagai telepon genggam. Kemudian, bahasa pemrograman java ini sendiri
bisa digunakan untuk membuat sebuah game ataupun aplikasi untuk perangkat lunak
maupun komputer sekalipun.
- Netbeans adalah sebuah aplikasi
Integrated Development Environment (IDE) yang berbasiskan Java dari Sun
Microsystems yang berjalan di atas swing. Swing merupakan sebuah teknologi Java
untuk pengembangan aplikasi dekstop yang dapat berjalan pada
berbagai macam platform seperti windows, linux, Mac OS X dan Solaris. Sebuah
IDE merupakan lingkup pemrograman yang di integrasikan ke dalam suatu aplikasi
perangkat lunak yang menyediakan Graphic User Interface (GUI), suatu kode
editor atau text, suatu compiler dan suatu debugger.
2. Kelebihan Java:
-Singkatan dari Object Oriented
Programming yang artinya semua aspek yang terdapat di Java adalah
objek. Hal ini sangat memudahkan programmer untuk mendesain, membuat,
mengembangkan dan mengalokasi kesalahan sebuah program dengan basis java secara
cepat, tepat, mudah dan terorganisir.
-Library Kelas Sangat Lengkap
- Memiliki atau Bergaya C++
- Membuat program dengan lebih cepat
- memiliki fasilitas pengaturan
penggunaan memori sehingga programmer tidak perlu melakukan pengaturan memori
secara langsung
Kekurangan Java:
- Java memiliki kecepatan yang
kurang dari C++
- Java adalah bahasa pemrograman
yang kompleks
- Java menggunakan memori yang
banyak
- Program yang dibuat oleh Java
lebih lambat dibanding program yang dibuat dengan bahasa lain seperti C atau
C++.
3. Struktur
program Java secara umum dibagi menjadi 4 bagian:
- Deklarasi Package
- Impor Library
- Bagian Class
- Method Main
contohnya:
package agung; //<- 1.
deklarasi package
import java.io.File; //<- 2.
Import library
class Program { //<- 3.
Bagian class
public static void main(String args[]){ //<- 4.
Method main
System.out.println("Hello
World");
}
}
B. Praktikum
Latihan 1
Code Program:
Keterangan Output & Analisis code program Latihan 1:
package
javaapplication1;
//deklarasi
package untuk folder yang berisi sekumpulan program Java.
public class JavaApplication1 {
//
Bagian class untuk deklarasi nama program
public static void main(String[] args){
//
Method main berisi code didalam blok program yang akan dieksekusi pertama kali.
System.out.println("Halo
Kawanku");
System.out.println("Ayo kita belajar
Java");
System.out.println("Dengan
baik");
//
Perintah untuk Menampilkan data yang tersimpan dalam variabel dan menghasilkan
output
}
}
HaloKawanku -->Ekseskusi printah
System.out.println yang Pertama
Ayo kita belajar Java
-->Ekseskusi printah System.out.println yang Kedua
Dengan Baik -->Ekseskusi printah
System.out.println yang Ketiga
Latihan 2
Code Program:
Keterangan Output & Analisis code
program Latihan 2:
package latihan2;
//deklarasi
package untuk folder yang berisi sekumpulan program Java.
public class
Latihan2 {
//
Bagian class untuk deklarasi nama program
public static void main(String[] args){
//
Method main berisi code didalam blok program yang akan dieksekusi pertama kali.
javax.swing.JOptionPane.showMessageDialog(null, "Hallo
Sahabat");
javax.swing.JOptionPane.showMessageDialog(null, "Ayo,
Kita belajar java" + "\nDengan sungguh - sungguh");
// javax.swing= Hirarki paket untuk platform-independen
//JOptionPane= JOptionPane merupakan sebuah kelas yang
menyediakan jendela dialog.
//showMessageDialog() = parameter berisi teks untuk menampilkan
pesan/informasi
//null adalah
parameter untuk komponen induknya, bisa diberikan null atau this.
//"Hallo
Sahabat" adalah teks yang ditampilkan pada output seperti pada gambar
screenshot di atas.
}
}
Latihan 3
Code Program:
Keterangan Output & Analisis code
program Latihan 3:
package
latihan3;
//deklarasi
package untuk folder yang berisi sekumpulan program Java.
import
java.io.BufferedReader;
import
java.io.IOException;
import
java.io.InputStreamReader;
// Import library
public class Latihan3
// Bagian class untuk deklarasi nama
program
static void main(String[]
args) throws IOException {
// Method main berisi code didalam blok
program yang akan dieksekusi pertama kali.
BufferedReader br;
//
membaca karakter br yang dapat berisi sebuah bilangan, sehingga dapat dibaca
dan di input ke dalam System.
br = new BufferedReader (new
InputStreamReader (System.in));
//InputStreamReader
Ada pada Akhiran sebuah data yang digunakan untuk menginput, Bisa Berupa
Bilangan mau pun karakter. Seperti Contoh diatas yang berakhiran Data dan
System.in
String temp;
//deklarasi variable dengan nama temp bertipe data string
int beratbadan;
//deklarasi variable dgn nama
beratbadan tipe data integer
System.out.print("Berapakah
berat badan anda sekarang: ");
//yang akan ditampilkan di ouput program
temp = br.readLine();
// untuk mengambil input.
beratbadan =
Integer.parseInt (temp);
//untuk mengembalikan integer (khusus
desimal saja).
System.out.println("Berat
badan anda: "+beratbadan+"kg");
//
menampilkan isi variable beratbadan pada output program
}
}
Latihan 4
Code Program:
Keterangan Output & Analisis code
program Latihan 4:
package
latihan4;
//deklarasi package untuk folder yang
berisi sekumpulan program Java.
import
javax.swing.JOptionPane;
// Import library
public class Latihan4
{
// Bagian class untuk deklarasi nama
program
public static void
main(String[] args) {
// Method main berisi code didalam blok
program yang akan dieksekusi pertama kali.
String nama;
//deklarasi variable nama
nama =
JOptionPane.showInputDialog("input nama:");
//untuk
menampilkan jendela berupa input nama yang di isi oleh user
String pesan = " Hallo
nama saya" + nama;
//deklarasi
variabel pesan berisi teks dan memanggil variabel nama
JOptionPane.showMessageDialog (null, pesan);
//tampilan
berisi gabungan variabel pesan & nama (inputan user)
}
}
LATIHAN / POST TEST
1. Buatlah Project baru beri nama
PostTes_01 dan didalamnya buatkan 2 buah java
class masing masing dengan nama
Latihan_01.java dan latihan_02.java yang
digunak untuk menampilkan biodata
anda yang terdiri dari NIM, Nama, Alamat,
email dan Nomor HP. Buat tampilan di
Console dan JOptionPane
Jawab:
Code Program Latihan_01:
Output Latihan_01:
Code Program Latihan_02:
Output Latihan_02:
1. Buat makalah yang isinya mencakup tentang java, Netbeans setting path pada
java dan contoh program sederhana yang ditulis menggunakan java dan
Netbeans.
2. Muat makalah yang anda buat di blog yang beraviliasi dengan uniku.ac.id
JAWAB:
Link Tugas Makalah: https://agung-trianggoro.blogspot.com/2019/10/tugal-modul-1-makalah-pengenalan-java.html
0 komentar:
Posting Komentar